Minggu, 29 April 2012

MANAJEMEN KOPERASI


Manajemen koperasi adalah suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan dan kebersamaan.
Sebagai lembaga ekonomi yang berwatak sosial, berasaskan kekeluargaan dan gotong royong, maka jelas kiranya bahwa sistem manajemen dilembaga koperasi harus mengarah pada manejemen partisipatif. Manajemen partisipatif dalam hal ini berarti adanya kebersamaan, keterbukaan, sehingga setiap anggota koperasi, baik yang yang turut serta dalam pengelolaan ataupun yang diluar kepengurusan, memiliki rasa tanggungjawab bersama dalam organisasi koperasi. 
Manajemen Koperasi tidak didasarkan pada pemaksaan wewenang, melainkan melalui keterlibatan dan partisipasi. Para manajer professional koperasi menggunakan metode yang sama seperti manajemen pada umumnya. Hanya saja nilai-nilai dan tujuan yang harus diperjuangkan metode itulah yang membuat manajemen koperasi unik dan berbeda dari manajemen lainnya. Fungsi utamanya adalah mengupayakan kepemimpinan koperasi bagi anggota dan pengurus terpilih di dalam pengembangan kebijakan dan strategi yang akan memberdayakan koperasi dalam mewujudkan cita-cita atau tujuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar